BUA9GUr7TUClBSG7BSC5GUA6TY==

Sejarah Berdirinya IMAKEN IAIN Salatiga: Berawal Dari Group WhatsApp

Berdirinya IMAKEN IAIN Salatiga membutuhkan proses dan perjuangan yang ekstra. Mulai dari group WhatsApp lah mereka dapat saling kenal satu sama lain hingga terbentuk perkumpulan organisasi daerah.


Logo IMAKEN IAIN Salatiga yang bersejarah

Asifbaart.web.id - Simak pemaraparan berikut terkait berdirinya IMAKEN IAIN Salatiga sebagaiamana dirangkum oleh redaksi Asifba Art.

Diketahui, IMAKEN IAIN Salatiga merupakan organisasi daerah yang ada di lingkungan mahasiswa IAIN Salatiga.

Saat ini, Orda IMAKEN IAIN Salatiga telah memiliki sejumlah anggota aktif dan terus bertambah setiap tahunnya karena adanya perekrutan baru.

Dalam perjalanannya, IMAKEN IAIN Salatiga penuh rintangan dan sejumlah halangan yang patut didokumentasikan.

Berikut penjelasan terkait sejarah berdirinya IMAKEN IAIN Salatiga sebagaimana dirangkum Asifba Art dari beragam sumber.

Daftar isi

Ada Ambisi Mahasiswa Asal Kendal Membuat Komunitas


Imaken (Ikatan Mahasiswa Kendal) cabang IAIN Salatiga merupakan salah satu organisasi daerah yang ada di Salatiga. Dalam menjadi sebuah organisasi, Imaken cabang IAIN Salatiga memiliki proses yang cukup panjang. Imaken cabang IAIN Salatiga mulai dirintis sejak tahun 2017.

Awal berdirinya Imaken cabang IAIN Salatiga didasari oleh keinginan kuat mahasiswa IAIN Salatiga yang berasal dari Kendal untuk membangun sebuah keluarga di kota perantauaannya. Keinginan tersebut dibuktikan dalam pembuatan gruup WhatsApp hingga agenda pertemuan bulanan di kampus tiga IAIN Salatiga.

Pada awal tahun 2017, mahasiswa asal kendal sering mengadakan pertemuan. Awalnya, mereka berkumpul hanya saling memperkenalkan diri.  Meski perkumpulan itu hanya dihadiri oleh segelintir orang, namun senyum bahagia terpapar di wajah orang-orang tersebut. Dari situlah, keinginan membangun organisasi daerah semakin membaik.

Pertemuaan awal tersebut dihadiri mahasiswa dari beragam semester. Mulai dari semester satu hingga semester akhir menjelang skripsi hadir dalam pertemuan tersebut. Mereka memang belum ingin merintis organisasi terlebih dahulu. Namun, mereka fokus dengan perekrutan anggota melalui jaringan pertemanan masing-masing. 


Ketika ada orang asal kendal yang baru mengenal perkumpulan mahasiswa kendal, mereka dimasukkan ke group WhatsApp IMAKEN IAIN Salatiga. Dari group WhatsApp tersebut mereka lebih mudah dalam menghubungi satu sama lain. Sehingga keakraban mereka bisa dibilang berasal dari media sosial WhatsApp.

Setelah anggota IMAKEN cukup banyak, ada seorang mahasiswi yang bernama Aniyatul Jaziroh mengajukan diri untuk membuat akun Instagram IMAKEN. Awalnya, akun cabang IMAKEN IAIN Salatiga menggunakan logo IMAKEN pusat. Namun, dengan kehadiran Teguh Prasojo, dia mendesain logo baru IMAKEN IAIN Salatiga. Sehingga IMAKEN IAIN Salatiga memiliki logo sendiri dengan bentuk bulat.

Agenda pertama yang diadakan oleh perkumpulan mahasiswa asal kendal tersebut adalah Bukber (Buka Bersama) di bulan ramadhan. Buka bersama pertama yang dilaksanakan oleh perkumpulan mahasiswa kendal tersebut adalah di OTI, Salatiga. Agenda buka bersama tersebut dilaksanakan pada 8 Juni 2017 dan hanya dihadiri oleh 8 orang saja. Padahal, anggota group WhatsApp IMAKEN IAIN Salatiga sudah lebih dari 50 orang.

Mengadakan Makrab Pertama Bersama IMAKEN Pusat

Target selanjutnya, setelah masuk tahun ajaran baru, mereka ingin membuat sebuah acara Malam Keakraban (Makrab) perdana. Kemudian mereka mengadakan rapat di Taman Kota Salatiga. Hasil rapat tersebut membentuk sebuah kepanitian makrab yang berlokasi di SPPQT Salatiga.

Panitia makrab itu sering mengadakan pertemuan untuk membahas acara makrab perdana. Hasilnya, makrab pertama IMAKEN Cabang IMAKEN IAIN Salatiga dilaksanakan di SPPQT, Kalibening. Acara Makrab tersebut dilaksanakan pada 25-26 November 2017.

Pada Makrab perdana itu, dipanitiai oleh belasan orang dari berbagai semester dan jurusan. Dengan peserta Makrab sekitar 30-an orang, acara tersebut berlangsung lancar dan penuh kebahagiaan. Pada acara itu, banyak organisasi daerah yang ada di Salatiga menghadiri dan memperkenalkan organisasi daerahnya.

Pada makrab pertama itu, panitia mengundang pengurus IMAKEN pusat untuk mengisi materi kedaerahan, AD (Anggaran Dasar) dan ART (Anggaran Rumah Tangga), visi dan misi dari IMAKEN pusat. Selain itu, pengurus pusat juga melantik pengurus serta meresmikan organisasi daerah IMAKEN Cabang IAIN Salatiga. 


Peresmian IMAKEN IAIN Salatiga


Dengan adanya Makrab dan pelantikan pengurus IMAKEN cabang IAIN Salatiga, pada tanggal 25 November 2017 diresmikan sebagai hari lahirnya IMAKEN IAIN Salatiga. Peresmian tersebut disetujui oleh seluruh orang yang hadir pada acara makrab pradana tersebut.

Lambat laun, anggota IMAKEN IAIN Salatiga bertambah banyak dan memiliki seragam sendiri sebagai identitas yang melekat di kalangan komunitas mahasiswa Kendal.

Waktu kian berlalu, berbsagai proses, halangan rintangan semuanya telah dilalui oleh IMAKEN IAIN Salatiga yang kini menghasilkan organisasi daerah aktif dengan anggota yang cukup banyak.

IMAKEN IAIN Salatiga terus bergerak dan mengalami banyak perubahan menjadi lebih baik hingga saat ini. Demikian artikel mengenai sejarah berdirinya IMAKEN IAIN Salatiga yang bermula dari group WhatsApp.***

Komentar0

Jaga attitudemu saat berkomentar

Type above and press Enter to search.