BUA9GUr7TUClBSG7BSC5GUA6TY==

Laptop Lenovo Thinkpad T430 Core i5 Masih Worth it di Tahun 2022?

Laptop Lenovo Thinkpad T430 milik Asifba Art

Asifbaart.web.id - Apakah Lenovo Thinkpad T430 yang ditenagai processor Intel Core i5  masih worth it dan bisa dipakai di tahun 2022 ini?.

Berikut penjelasan mengenai review dan pengalaman menggunakan laptop Lenovo T430 di tahun 2021 akhir sampai 2022 untuk berbagai macam kebutuhan.

Sebagaimana diketahui, laptop Lenovo Thinkpad T430 ini merupakan generasi Thinkpad yang ketiga dengan processor yang handal di zamannya.

Dengan desain khas Lenovo Thinkpad yang dipadukan dengan body yang kokoh, membuat sejumlah laptop ini awet sampai sekarang.

Pasalnya Lenovo telah membekali seri Thinkpad yang berstandar militer dengan bahan produksi yang kokoh dan tak mudah rusak.

Sehingga hingga saat ini masih banyak dijumpai pengguna Lenovo Thinkpad T430 di berbagai daerah. Bahkan laptop ini banyak dijual di pasaran marketplace.


Mengutip kanal YouTube Gadgetin, David Brendi telah membuat video khusus Lenovo Thinkpad T430 ini dikarenakan masih laris di pasaran secara online.

Menurut Asifba Art, Laptop Lenovo Thinkpad T430 ini memang memiliki performa yang masih layak dipakai di tahun 2022 meskipun sudah kalah dengan generasi terbaru.

Terlebih, pengembang Lenovo Thinkpad juga memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk melakukan upgrade spesifikasi.

Mulai dari penambahan kapasitas RAM, SSD hingga WWWAN Card untuk kartu operator pun bisa ditambahkan di Lenovo Thinkpad T430 ini.

Ditambah keyboard legendaris dari Thinkpad yang terkenal empuk dan nyaman serta titik tengah merah di bagian keyboardnya membuat laptop ini memiliki branding yang khas dari Lenovo.


Tak hanya orang kantoran, bahkan banyak pelajar dan mahasiswa yang memakai laptop Lenovo Thinkpad T430 ini untuk memenuhi kebutuhan pembelajarannya.

Nah, dalam artikel ini, Asifba Art akan berbagi pengalaman menarik ketika menggunakan laptop Lenovo Thinkpad T430 untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan.

Desain dan Material

Yap, susah tidak diragukan lagi desain dan material yang digunakan oeh Lenovo Thinkpad T430 ini. Meskipun desain tak berubah drastis dari tahun ke tahun, laptop ini menggunakan material yang premium.

Sehingga body yang dihasilkan oleh laptop Lenovo Thinkpad T430 ini terasa kokoh dan solid apabila dipegang dan digunakan untuk bekerja.


Banyak Laptop Lenovo Thinkpad T430 yang masih dalam keadaan cukup bagus dan terawat, padahal usianya sudah cukup tua.

Hal ini menjadi bukti bahwa Lenovo bisa menciptakan produk yang berkualitas dan memiliki durability yang tahan lama.

Jika untuk tahun 2022 hingga tiga tahun kedepan, diprediksi laptop ini masih kuat dan tetap kokoh di bagian bodynya.

Multimedia Masih Worth It

Bagian multimedia merupakan hal yang cukup penting bagi sejumlah orang. Pasalnya laptop juga bisa dijadikan sebagai media untuk menghibur diri sendiri.

Maka multimedia merupakan hal yang penting dan wajib diperhatikan ketika membeli sebuah komputer laptop bekas ataupun baru.


Dengan layar seluas 14 Inch HD+ berpanel TN, warna dan gambar yang ditampilkan masih cukup bagus dan masih bisa dinikmati.

Layar laptop Lenovo Thinkpad T430 ini juga sudah dibekali dengan teknologi anti glare yang bisa menghilangkan objek ketika menatap layar komputer ini.

Selain itu, tingkat kecerahan yang minimum pada laptop Lenovo Thinkpad T430 ini juga sudah cukup redup serta bisa digunakan ketika malam hari.

Sehingga mata pengguna tak akan mudah merasa lelah ketika menggunakan laptop Lenovo Thinkpad T430 ketika di malan hari.

Pada sisi sound sistemnya, Lenovo Thinkpad T430 ini memiliki suara yang cukup nyaring dan nyaman didengarkan.

Suara yang dihasilkan dari dual speaker kanan kiri di pinggir keyboard ini sudah pantas dan cukup digunakan untuk menikmati film, mendengarkan musik hingga bermain game ringan.


Terdapat juga satu lubang jack audio dimana fungsinya untuk menancapkan headset supaya suara bisa dinikmati lebih detal dengan dua speaker kecil yang bisa didengar langsung melalui dua telinga.

Laptop Lenovo Thinkpad T430 yang digunakan untuk desain grafis oleh Asifba Art


Performa Masih Oke di Tahun 2022

Menurut Asifba Art, performa laptop Lenovo Thinkpad T430 ini masih cukup baik dan bisa digunakan untuk beragam pekerjaan.

Dibekali dengan prosesor Core i5 generasi ketiga atau Ivy Bridge, laptop Lenovo Thinkpad T430 ini masih layak dan bisa digunakan untuk menjalankan beragam software.

Mulai dari pengolahan kata, angka, presentasi hingga desain grafis bisa dijalankan dengan menggunakan laptop Lenovo Thinkpad T430 ini.

Namun untuk editing video, Asifba merasakan terdapat kekurangan karena sedikit macet ketika editing video dengan resolusi yang cukup tinggi.

Sepengalaman Asifba, laptop ini cukup responsif untuk berpindah antar aplikasi ketika dibuka dan cepat membuka berbagai software yang terinstal.


Terlebih jika sudah melakukan upgrade SDD, maka performa laptop bisa semakin kencang dan jarang terjadi hang atau lemot.

Laptop Lenovo T430 ini sangat cocok untuk penulis, blogger atau jurnalis. Mengingat keyboardnya sangat nyaman dan empuk digunakan.

Sementara untuk desain grafis, performa masih berjalan bagus ketika menggunakan software editing versi lama. Namun jika menginsal software editing terbaru, akan terasa cukup beray jika menjalankan pekerjaan yang rumit.

Apabila digunakan untuk editing video, maka akan terasa lag atay patah-patah jika Anda menggunakan resolusi yang tinggi dan software terbaru.

Jika Anda ingin menggunakan laptop Lenovo Thinkpad T430, sebaiknya pakailah untuk kebutuhan yang tidak terlalu berat. Mengingat processor yang digunakan masih serie lama.


Fill Menulis Enak dengan Fitur yang Lengkap

Thinkpad, memang sudah tak bisa diragukan lagi soal penggunaan keyboad dan pengalamannya untuk menulis.

Memang dari Lenovo Thinkpad generasi pertama, keyboardnya sudah terkenal nyaman, awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Keyboadnya yang empuk dengan tekanan yang pas membuat sejumlah orang yang suka menulis snagat nyaman menggunakan Lenovo Thinkpad ini.

Seperti halnya yang terjadi pada Lenovo Thinkpad T430 ini, meskipun sudah berumur cukup tua, keyboad yang tertanam pun masih enak digunakan dan jarang terjadi kerusakan.

Ditambah adanya fitur LED single color yang berwarna putih ini, Lenovo Thinkpad T430 ini siap digunakan di waktu malam hari.


Tak hanya itu, sebagian Lenovo Thinkpad T430 ini telah dibekali dengan LED flash yang terletak di dekat kamera, tujuannya supaya pengguna bisa memilih cahaya mana yang akan digunakan untuk mengetik saat malam gelap gulita.

Apalagi di bagian tengah keyboadnya terdapat titik merah yang berfungsi seperti mouse sebagai penggerak krusor, maka fill penggunaan Lenovo Thinkpad T430 ini sangat premium dan nyaman digunakan.

Bisa Diupgrade Sesuai Keinginan

Salah satu hal positif yang bisa didapatkan oleh pengguna Lenovo Thinkpad T430 ini bisa diupgrade sesuai dengan keinginan masing-masing.

Tak hanya sebatas spesifikasi pabrik saja, Anda bisa membuat costum spesifikasi dengan cara mengganti sparepart atau melakukan upgrade.

Mulai dari RAM yang bisa ditambahkan hingga 16 GB, memori juga bisa menggunakan SSD tipe SATA atau M - SATA, hingga menambahkan kartu internet di laptop tersebut.


Bahkan, baterai pada Lenovo T430 ini juga bisa diupgrade dengan cara menggantinya dengan model baru dimana baterainya lebih besar dan awet.

Apabila pengguna telah melakukan kostumisasi dan upgrade yang lebih baik, dipastikan performa laptop Lenovo T430 ini bisa maksimal dan terasa nyaman di tahun 2022 ini.

Kesimpulan

Laptop Lenovo T430 ini memang merupakan keluaran lama, namun masih layak digunakan di tahun 2022 sebagai laptop kantoran biasa yang memiliki performa kencang.

Aphanya VGA Card pada Lenovo T430 ini menunjukkan bahwa laptop ini tak cukup baik jika digunakan untuk bermain game.

Bagi Anda yang masih sekolah atau jurnalis dan membutuhkan laptop murah dengan kualitas yang bagus, Lenovo Thinkpad T430 bisa menjadi pilihan.


Namun, barang bekas tetaplah bekas. Tidak ada jaminan barang tersebut akan awet hingga 3 atau lima tahun kedepan. Jadi terima saja barang yang Anda dapatkan.

Apabila beruntung, biasanya Anda akan mendapatkan laptop Lenovo T430 dengan kondisi yang baik. Jika dapat dalam keadaan yang setengah-setengah ya jangan kecewa. karena itulah resiko membeli barang bekas

Demikian artikel mengenai penjelasan Lenovo Thinkpad T430 apakah masih worth it digunakan di tahun 2022 ini.*****





Komentar0

Jaga attitudemu saat berkomentar

Type above and press Enter to search.