BUA9GUr7TUClBSG7BSC5GUA6TY==

Toshiba L640 Core i3 Arrandale Buat Desain Grafis: Laptop Tua di Masa Kejayaan Asifba Art

Tampilan laptop Toshiba L640 

Asifbaart.web.id - Berikut kisah dan pengalaman Asifba Art dalam menggunakan laptop Toshiba L640 dengan processor Core i3 generasi pertama, Arrandale.

Laptop Toshiba L640 ini pernah digunakan oleh Asifba Art ketika berjuang sebagai freelance desainer grafis yang fokus di satu bidang, yaitu vector art.

Dengan laptop Toshiba L640 inilah, Asifba Art bisa mengembangkan skill hingga mendapatkan banjir orderan vector serta mengalami masa kejayaannya.

Laptop dengan processor Core i3 generasi pertama ini belum dilengkapi oleh VGA atau Video Grafis Adapter yang diyakini bisa meningkatkan performa kualitas grafis di layar monitor.

Kendati demikian, gambar yang ditampilkan oleh layar dengan teknologi TFT seluas 14 inchi ini sudah cukup tajam dan baik meski sudut pandang masih terbatas belum seluas IPS.

Laptop Toshiba L640 ini tergolong komputer yang sudah berusia cukup tua, dimana ia diproduksi sekitar tahun 2012 dan 2013.


Karena laptop Toshiba L640 ini merupakan generasi yang cukup tua, jadi sudah sewajarnya body komputer ini tebal dan berat. Sehingga tidak cocok untuk dibawa pergi ke luar rumah.

Mengingat pekerjaan Asifba Art yang fokus di bagian desain grafis, laptop Toshiba L640 ini nyaman digunakan ketika di dalam kamar atau ruang khusus bekerja.

Pasalnya Asifba Art jarang pergi keluar rumah dan membawa laptop sebesar ini. Sehingga Toshiba L640 ini masih wort it digunakan bekerja di atas meja belajar.

Sejarah Kepemilikan Laptop Toshiba L640

Pada mulanya laptop Toshiba L640 ini merupakan milik teman Asifba Art yang kebetulan menganggur dan tak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Lantas, Asifba meminta izin kepada pemilik laptop ini untuk digunakan sebagai alat atau media belajar desain grafis berbasis vektor art.


Lambat laun, uang semakin terkumpul seiring dengan naiknya kostumer yang ada di Asifba Art. Saat itu, cukup banyak orang yang order vector.

Kemudian laptop ini dibeli oleh Asifba dengan harga dibawah Rp1 juta dengan kondisi banyak minus yang cukup memprihatinkan.


Tak tinggal diam, Asifba Art segara memperbaiki laptop Toshiba L640 ini secara pribadi. Mulai dari menambahkan slot ram hingga mengganti pasta CPU.

Asifba Art juga membersihkan bagian dalam atau mesin dari laptop Toshiba L640 ini dimana di dalamnya banyak debu dan kotoran yang sudah menumpuk.

Setelah bagian hardware beres, Asifba Art segera membungkus laptop Toshiba L640 ini dengan rapi dan menginstal sejumlah software yang dibutuhkan.

Mulai dari CorelDraw, Photoshop hingga Adobe Illustrator telah diinstal di laptop ini. Karena masih menggunakan peocessor Core i3 generasi lama, tak jarang terjadi hang atau macet.

Namun semua itu tetap dijalani dan dinikmati oleh Asifba Art sembari menjalankan bisnis freelance menjadi desainer vector art.



Masa Kejayaan Asifba Art

Saat Asifba Art menggunakan laptop Toshiba L640 ini, dirinya menemukan masa kejayaan bisnis vector art yang digelutinya.

Pasalnya orderan yang masuk ke Asifba Art tak main-main. Bahkan banyak antrian masuk dari para marketing Asifba Art.

Terkadang ada yang memesan vector dan meminta ekspres yang harus segera diselesaikan dalam waktu beberapa jam saja.

Karena banyaknya orderan yang masuk, Laptop Toshiba L640 ini harus siap bekerja keras dan tahan banting apabila terjadi suatu hal.

Selama menggunakan laptop Toshiba L640 ini, Asifba Art sering menjumpai dengan yang namanya software crash hingga keluar sendiri.


Ukuran file desain yang besar dan penggunaan secara terus menerus diduga menjadi penyebab hang laptop Toshiba L640 ini.

Laptop Toshiba L640 milik Asifba Art yang disandingkan dengan pentab untuk menggambar.


Seiring berjalannya waktu, orderan vector Asifba Art semakin hari semakin menurun. Terkadang, satu minggu hanya mendapatkan satu orderan saja.

Bahkan pernah benar-benar dalam keadaan sepi dimana dalam waktu satu bulan hanya ada satu orang yang memesan desain di Asifba Art.

Frekuensi promosi yang semakin loyo diduga menjadi salah satu faktor penyebab turunnya orderan vector di Asifba Art.

Namun, dengan laptop Toshiba L640 ini sudah bisa menghidupi kebutuhan Asifba Art selama beberapa bulan yang tentunya masih satu rumah dengan orang tua.


Sebagai informasi, saat Asifba Art mempunyai laptop Toshiba L640 ini ia menggunakan pen tab sebagai sarana untuk mempercepat pengerjaan desain grafis.

Pendapat Asifba Terkait Laptop Toshiba L640

Menurut Asifba Art, laptop Toshiba L640 ini merupakan komputer yang cukup kencang dan bandel serta kokoh kerangkanya.

Sehingga jarang terjadi yang namanya kerusakan pada hardware apabila laptop Toshiba L640 ini dirawat dengan baik.

Dengan layar luas TFT 14 Inchi, sudah cukup bagi seorang desainer pemula yang belum mengerjakan projects rumit.


Meski tingkat detail masih kurang, namun laptop Toshiba L640 ini sudah bisa menampilkan warna yang cukup akurat.

Pada bagian keyboard Toshiba L640 terdapat lampu di bagian tombol Caps Lock yang berfungsi sebagai tanda aktif atau tidaknya tombol tersebut.

Laptop tua ini ternyata sudah dilengkapi sejumlah port USB 2.0 dan 3.0 untuk menunjang transfer ke media penyimpanan atau melalui kabel data.

Tampilan belakang laptop Toshiba L640 milik Asifba Art kala itu


Pengguna juga bisa melakukan upgrade laptop Toshiba L640 dengan penyimpanan SSD supaya bisa lebih kencang performanya.

Minusnya, laptop Toshiba L640 ini memiliki body yang tebal dan bobot yang cukup berat untuk sekelas laptop kantoran.


Jadi, jika Anda menggunakan laptop ini, tidak direkomendasikan untuk dibawa berangkat dan pulang kerja.

Selain itu, dengan processor general lama dan tanpa adanya VGA card, laptop Toshiba L640 ini kurang mumpuni untuk keperluan content creator dan multimedia.

Itu tadi merupakan kisah singkat laptop Toshiba L640 yang pernah menjadi daily driver Asifba Art dan menemukan puncak atau masa kejayaannya.*****

Komentar0

Jaga attitudemu saat berkomentar

Type above and press Enter to search.