BUA9GUr7TUClBSG7BSC5GUA6TY==

Berapa Standar Tarif Jasa Desain Vektor??

Asifbaart.web.id - Vector Art, akhir-akhir ini memang sangat diminati oleh banyak kalangan. Terutama pemuda pemudi yang ingin sekedar memberikan kado bagi orang spesialnya. Semakin kesini, pembuatan vector juga semakin mudah. Karena pembuatannya juga bisa dilakukan di smartphone android ataupun ios.

Saking banyaknya pembuat vector, tak jarang banyak pemula yang mengejar open order terlebih dahulu tanpa meningkatkan skill. Biasanya vector art nya tidak terlalu bagus, dan garis-garisnya masih kaku. Tapi, demi rupiah, mereka biasanya rela menjual vectornya dengan harga super murah. Di grup FB misalnya, pernah ada yang menjual Rp. 10.000,- untuk satu vector close up.

Mereka biasanya meningkatkan skillnya sambil open order. Jadi, bisa dikatakan mereka improve sambil dkbayar murah, dariapada improve hanya buat portofolio saja. Padahal, hal ini sangat ceroboh dan membuat nilai seni yang mulanya "mahal", kini menjadi "murah". 

Fenomena itu membuat desainer vector senior merasa resah. Padahal, pembuatan vector itu terbilang susah. Seniman vector yang senior pun tak mungkin bisa mengerjakannya hanya dalam waktu 30 menit untuk vector dengan tingkat detail tinggi. Biasanya mereka membutuhkan waktu 2 sd 3 jam untuk menyelesaikan vector close up saja. Ini senior loh, kalau yang junior dan noob??? Yaa bisa ditebak lah, menurut pengawasan mimin sih, para seniman vector pemula, rata-rata menghabiskan waktu 5 sd 7 jam untuk mengerjakan vector close up saja.

Bayangkan saja, vector itu rumit, mengandung nilai seni yang tinggi dan hanya bisa dibuat dengan baik oleh seniman handal. Masak iya harga desain vector hanya di bawah 50rb? Sungguh tak masuk akal.

Iyasih, ada harga ada rupa. Ada harga ada kualitas. Semakin baik kualitasnya juga semakin mahal biaya jasanya. Tapi, kalau vector dijual dengan harga di diantar 10 sd 30rb, bagaimana desainer bisa makan?? Buat vector itu nggak mudah sobb, butuh latihan untuk ngembangin skill. Jadi, tolong bagi para pemula, jangan mengejar open order dulu. Tapi perbaiki skillmu terlebih dahulu sebelum open order.

Tujuannya simpel, biar para desainer yang sudah pro tidak iri melihat para desainer noob laris manis, dan menjadikan image seni vector itu mahal. Karena hanya dapat dibuat oleh orang-orang tertentu saja.

Jadi, pastikan kualitas desainmu bagus, baru open order.
Yuk jadi desainer profesional yang dibayar tinggi oleh client.

Komentar0

Jaga attitudemu saat berkomentar

Type above and press Enter to search.